Monday, December 10, 2012

Birau 2012 : TNI AD Unjuk Kekuatan !!!



(Sebagian dari koleksi Alutsista TNI AD di Bulungan)

Bulan Oktober lalu, kabupaten Bulungan baru saja melaksanakan sebuah hajatan istimewa yakni hari ulang tahunnya, dari kebiaasan lama yang sudah mendarah daging dilaksanakanlah pesta budaya rakyat  yang disebut Birau. 

Birau tahun ini menjadi istimewa karena perhelatan ini tak hanya bicara soal ulang tahun kabupaten bulungan tapi juga acara terakhir yang istimewa karena setelah itu Kabupaten Bulungan resmi menjadi ibu kota dari provinsi baru bernama Kaltara alias Kalimantan Utara.

Rupanya TNI AD tak ingin kehilangan momen dalam acara tahunan ini, kali ini tak tanggung-tanggung mereka menyewa tiga stand sekaligus memamerkan koleksi alutsista miliknya, ini menjadi acara yang istimewa bagi penikmat Alutsisita seperti saya, ibarat kata tak dapat hadir di Indonesia Defens Expo, cukuplah melogok alutsisita TNI di Birau 2012 ini.

Macam-macam Alutsista.

Cukup banyak juga ragam alutsista yang dipamerkan khas infantri angkatan darat, kabarnya kali ini Brigif Bulungan Cakti banyak menyumbang dalam pagelaran senjata kali ini, tak tanggung-tanggung ada tiga buah ruang yang disewa oleh TNI AD.

Sejujurnya sebagai pencinta artilery, saya ingin sekali menyaksikan meriam towed dalam pameran kali ini, -syukur-syukur bila Yon Armed di berau bisa ikut tampil,- namun kekecewaan saya sedikit terobati dengan keberadaan mortir kelas 50 mm dan 80 mm made in Pindad yang membanggakan itu. Rata-rata para tentara tersebut menyatakan puas dengan persenjataan racikan pindad yang mereka gunakan dalam bertugas.

Selain barang buatan dalam negeri, ada juga satu buah M-16 yang dipampang disana, juga senjata runduk merk Israel kalo saya tak salah, serta ada juga beberapa pistol yang merknya tak begitu saya kenal. Memang senjata buatan luar tak banyak karena hampir semua koleksi persenjataan di stand tersebut memang didominasi bendera Pindad. 

Saya paling senang dengan senapan mesin 7,52 mm dan 12,7 mm terkesan gagah apa lagi dalam karnaval tahun ini, senjata kelas berat tersebut sengaja di usung di atas rantis Ranger 4x4. Mudahan saja setelah ini Komodo bisa ikut melata pula di jalan-jalan Tanjung Selor.

Foto-foto alutsista TNI AD dalam Birau 2012.  

No comments:

Post a Comment